Berapa Batas Usia pertumbuhan Tinggi Badan Pria dan Wanita Berhenti?

Berapa Batas Usia pertumbuhan Tinggi Badan Pria dan Wanita Berhenti?

Berapa batas masa umur maksimal pertumbuhan tinggi badan pada pria (laki-laki) dan wanita (perempuan). Cek dulu ya jangan-jangan usia Anda sudah melewati usia pertumbuhan. memang sangat penting untuk diketahui.

Pada saat masa remaja adalah masa dimana pertumbuhan tinggi badan dan seluruh perubahan organ seksual di tubuh mengalami proses tumbuh kembang. Dalam hal ini baik laki-laki dan perempuan, semuanya akan mengalami tahap ini sebagai titik puncak pertumbuhan, sebelum nantinya masuk ke usia dewasa. Namun terbukti pertumbuhan antara anak perempuan dan laki-laki berbeda.

Jika dilihat dari perawakan tubuh, anak laki-laki lebih besar dan tinggi dibandingkan dengan perempuan. Akan tetapi, meskipun demikian anak laki-laki juga mengalami masa batas pertumbuhan. Oleh karena itu, ketahui kapan tinggi badan anak laki-laki dan perempuan berhenti tumbuh, agar Anda bisa mengembangkan pertumbuhannya.

Pertumbuhan Tinggi Badan Laki-Laki

Pertumbuhan Tinggi Badan Laki-Laki
https://hellosehat.com

Pertumbuhan tinggi badan anak laki-laki sangat erat kaitannya dengan masa pubertas. Anak laki-laki yang sudah menjelang masa pubertas, biasanya akan mengalami puncak pertumbuhan.

Di masa ini, anak akan tumbuh dengan cepat karena itu Anda harus tahu kapan mengalaminya. Berdasarkan masa pubertasnya, anak laki-laki terbagi dalam dua kategori, yaitu :

  • Perkembangan cepat (Early matures) mulai pubertas sekitar umur 11 hingga 12 tahun
  • Perkembangan lambat (Late matures) mulai pubertas sekitar umur 13 atau 14 tahun

Walaupun satu golongan mengalami puncak pertumbuhan terlebih dulu tapi hasil akhir dari kedua golongan tersebut sama saja. Dalam beberapa kasus, anak yang mengalami perkembangan lambat justru cenderung tumbuh lebih cepat karena ingin‘membalas’ ketertinggalan sebelumnya dan akhirnya memiliki badan yang lebih tinggi.

Pertumbuhan Tinggi Badan Perempuan

Pertumbuhan Tinggi Badan Perempuan
https://www.frisianflag.com

Kebanyakan pada anak perempuan masa pubertas bisa dialami saat usia 10-14 tahun. Bahkan ada beberapa anak yang mulai pubertas di usia 16 tahun. Namun jika sampai usia lebih dari 16 tahun belum mengalami pubertas, Anda perlu berkonsultasi pada dokter.

Saat masa pubertas ini dimulai, anak perempuan akan mengalami percepatan pertumbuhan dan mulai menstruasi pertama kali. Dua tahun setelah memasuki masa pubertas biasanya anak perempuan akan mencapai tinggi badan puncaknya.

Selama 2 tahun terakhir dari mulainya pubertas anak akan mengalami percepatan pertumbuhan tinggi badan yang cepat. Biasanya fase ini dicapai saat usia 14-15 tahun tapi ini tergantung lagi pada kapan memulai fase pubertasnya.

Setelah pertumbuhan puncak tinggi badan ini tercapai, menstruasi pertama kali akan segera dimulai. Misalnya, masa pubertas dimulai saat usia 10 tahun, maka kemungkinan tinggi badan puncaknya bisa diperoleh saat 12 tahun.

Tidak heran jika ada beberapa anjuran yang merekomendasikan untuk merangsang pertumbuhan tinggi badan anak perempuan segera sebelum menarche (menstruasi pertama) untuk mengejar pertumbuhan tinggi badannya.

Meskipun puncak pertumbuhan anak perempuan sebelum menarche, tinggi badan biasanya masih tetap tumbuh hingga 7-10 cm lagi setelah menstruasi. Namun, pertumbuhan tinggi badan setelah menstruasi ini tidak terjadi cepat jika dibandingkan sebelum menstruasi.

Pada setiap anak akan berbeda-beda seberapa banyak lagi akan meningkat tinggi badannya hingga pertumbuhan berhenti total sebelum memasuki usia dewasa.

Kapan Batas Masa Pertumbuhan Tinggi Badan Pria Dan Wanita?

Pertumbuhan tinggi badan pada umumnya akan berhenti saat masa pubertas berakhir. Hal ini adalah saat di mana lempeng epifisis yang merupakan lempeng yang berada di tulang panjang sudah tertutup. Saat lempeng epifisis tertutup, maka kemungkinan bertambahnya tinggi badan akan semakin kecil.

Dan ini semua bergantung dengan kapan masa pubertas dimulai dan berakhir. Setiap anak laki-laki maupun perempuan akan mengalami masa pubertas yang berbeda-beda.

Batas Pertumbuhan Pada Pria Sampai Umur Berapa ?

masa pertumbuhan tinggi badan pria sampai umur berapa
https://planet.merdeka.com

Proses pubertas pada anak laki-laki membutuhkan waktu 2-5 tahun. Dan yang berarti selama masa tersebut tinggi badan masih dapat tumbuh dengan pesatnya hingga mencapai tinggi maksimal.

Misalnya, kalau anak laki-laki mulai pubertas di usia 13 tahun, maka kemungkinan dia akan berhenti tumbuh tinggi dalam waktu 5 tahun setelahnya. Waktu berhenti tumbuh memang bervariasi tidak sama antara orang yang satu dengan lainnya.

Meskipun demikian, kapan mulai pubertasnya pada anak laki-laki ini lebih sulit diamati dibandingkan dengan anak perempuan sehingga kurang bisa diketahui secara pasti.

Agar lebih terlihat dan dapat diamati lebih jelas, CDC (badan pusat penguasaan dan pencegahan penyakit Amerika) mengatakan bahwa kebanyakan anak laki-laki akan berhenti tumbuh tinggi di umur 16-17 tahun dan biasanya masih bisa tumbuh lagi sampai maksimalnya umur 18 tahun.

Sementara itu, pertumbuhan tinggi badan anak laki-laki sangat cepat terjadi saat mereka masih berusia 14-15 tahun. Anak laki-laki cenderung akan tumbuh sekitar 9.5 cm per tahun selama dalam masa pubertas. Jadi, tinggi badan anak laki-laki dapat bertambah sekitar 31 cm selama masa pubertas terjadi.

Batas Pertumbuhan Tinggi Badan Pada Wanita Sampai Umur Berapa ?

masa pertumbuhan tinggi badan wanita sampai umur berapa
https://hellosehat.com

Dilansir dari Medical News Today, wanita biasanya memulai dan mengakhiri pubertas lebih cepat daripada laki-laki. Namun pada umumnya, menurut dr. Astrid, pertumbuhan seseorang akan berlangsung selama pubertas hingga menutupnya lempeng pertumbuhan di usia 20-21 tahun.

“Pertumbuhan tinggi badan wanita akan memuncak selama mengalami pubertas. Bedanya pada pria, puncak pertumbuhan biasanya berlangsung pada rentang usia 12-16 tahun. Setelahnya, pertambahan tinggi badan masih mungkin bertambah selama lempeng epifisis belum tertutup, namun berjalan lebih lambat,” jelasnya.

Perlu Anda ketahui, wanita cenderung mengalami percepatan pertumbuhan yang membuat mereka lebih cepat dewasa saat remaja. Pada wanita, pubertas dapat dimulai lebih awal atau lebih lambat.

Berbicara soal tinggi badan, tingkat pertumbuhan wanita pada masa pubertas biasanya mencapai puncaknya sekitar 2 tahun setelah masa pubertas dimulai. Begitu mulai menstruasi, wanita bisa bertambah tinggi badannya sekitar 7 hingga 10 cm.

Tahap pertumbuhan sebenarnya mutlak terjadi pada angka yang dipaparkan oleh dr. Astrid. Namun demikian, ada faktor lain yang juga turut memengaruhi pertumbuhan tinggi badan anak perempuan.

Berapa Tinggi Badan Yang Dapat Dicapai Oleh Anak Ketika Masa Remaja?

Tinggi Badan Yang Dapat Dicapai Oleh Anak Ketika Masa Remaja

Seperti diketahui, jumlah pertambahan tinggi badan yang terjadi pada anak perempuan umumnya masih lebih rendah daripada anak laki-laki. Jadi, ketika menjelang usia remaja, anak laki-laki akan tetap lebih tinggi daripada anak perempuan. Meskipun memang anak perempuan yang lebih dulu mengalami masa pubertas.

Mungkin Anda memperhatikan beberapa anak laki-laki tampak lebih pendek dibandingkan dengan teman-teman perempuan lainnya yang seusianya.

Hal ini disebabkan karena anak perempuan sudah menjalani tahap pubertas duluan. Sehingga mereka telah mengalami masa puncak pertumbuhan. Tapi jangan cemas, anak laki-laki Anda akan langsung menyusul sesudah memasuki pubertas.

Hal Apa Yang Bisa Menghambat Pertumbuhan Badan?

Menghambat Pertumbuhan Tinggi Badan
https://owlcation.com

Ada beberapa kondisi tertentu yang dapat pempengaruhi pertumbuhan anak, termasuk kondisi kesehatan yang diberi pengaruh oleh kelenjar tiroid dan kurangnya hormon pertumbuhan.

Hal itulah yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan anak tidak akan optimal bila Anda tidak memenuhi kebutuhan gizinya dengan bagus. Waktu tidur dan aktifitas fisik juga sudah terbukti bisa mempengaruhi kecepatan pertumbuhan.

Anak yang mengalami kekurangan gizi tidak akan bisa tumbuh tinggi, lain halnya dengan anak yang terpenuhi zat gizinya secara sempurna. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengontrol asupan makanan dan aktivitas fisik anak sejak kecil, agar proses pertumbuhannya menjadi optimal.

Hal Yang Diperlukan Untuk Proses Pertumbuhan Tinggi Badan

Oleh karena itu, sangat diperlukan nutrisi untuk pertumbuhan tinggi badan seperti asupan protein yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, serta kalsium yang berguna untuk kekuatan tulang.

Salahsatu solusinya yaitu dengan mengkonsumsi obat peninggi peninggi tiens, maka kedua nutrisi tersebut akan terpenuhi dengan baik. Karena produk tiens peninggi badan ini memiliki kandungan kalsium dan protein yang sangat tinggi, bukan itu saja, nutrisi yang ada didalamnya juga sangat banyak sekali.

Lain dari itu, lingkungan juga dapat mendukung pertumbuhan yang optimal. Yang dimaksud dengan lingkungan adalah aktivitas olahraga untuk melancarkan aliran darah serta membantu metabolisme berjalan dengan baik. Beberapa jenis olahraga yang disarankan adalah berenang, berlari, atau aerobik.

Terakhir, untuk menunjang pertumbuhan, dibutuhkan vitamin dan mineral selain kalsium sebagai penguat tulang yaitu vitamin D dan fosfor. Tidak hanya soal nutrisi, adanya penyakit juga bisa mempengaruhi pertumbuhan. Seseorang dengan penyakit seperti diabetes, gangguan ginjal, tiroid, asma dan kelainan genetik bisa jadi mengalami pubertas yang tertunda, sehingga pertumbuhannya pun tidak optimal.

BACA JUGA : Makanan dan minuma penambah tinggi badan

Sebaliknya, kelebihan berat badan bisa memengaruhi kadar hormon dan membuat pubertas datang lebih awal. Jadi, usahakan Anda menjaga berat badan tetap ideal agar pertumbuhan dapat berjalan optimal. Faktor yang memengaruhinya memang sangat beragam, seperti telah dijelaskan di atas. Bila memang Anda mengalami pertumbuhan yang tidak normal, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Dengan demikian, mulailah untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan mulai sejak dini agar dimasa depan nanti tinggi badan akan optimal. Dan juga supaya setelah batas masa pertumbuhan tinggi badan pria dan wanita sudah berhenti tumbuh, anda akan memiliki tinggi badan yang maksimal. semoga bermanfaat yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultas & Order !KLIK DISINI WA OTOMATIS
WhatsApp chat